Tuesday, August 17, 2010

Seal tape pipa pralon buat oli mesin bocor

Kadang oli bocor di left crankcase cover, bocor lewat pulser, atau saluran kabel spul/ generator. Desain motor memang beda dengan Neotech yang pakai gasket sehingga mudah penggantiannya, motor kita ini pakai ring-O yang besar kira-kira 10 cm an. Dalam fungsinya ring ini di tekan sekitar 1mm oleh cover dan crankcase agar terjepit dan mencegah oli keluar. kalo crankcase atau covernya sudah beset2...pasti bocor deh

Di tahun 2010 ini spare part memang sulit untuk mendapatkan yang original. Non original? NOT RECOMMENDED untuk urusan mesin. Sudah pernah beli left crankcase cover dari toko daerah Kebon Jeruk Jakarta dan tetap bocor.

Penulis kurang suka menggunakan T*******d atau lem silikon lain karena setelah itu kesulitan untuk melepas dan jika dilepas juga memerlukan usaha ekstra untuk membersihkan. Kalo gak dibersihkan, dijamin bocor.

Ternyata ada solusi yang murah, yaitu menggunakan seal tape yang biasa dipakai menyambung pralon. Caranya, tinggal ubel-ubelin pulser, ring-o, karet saluran kabel kira-kira 3-5 lapis, pasang lagi....beres deh. Seal tape ini akan mengisi rongga-rongga yang bocor karena sifatnya yang empuk.

Penulis berani nyoba ini karena temperatur daerah situ tidak terlalu tinggi. Lain cerita kalo sealing untuk tulisan CDI....

Selamat mencoba

4 comments:

  1. Bang kalo bocornya dari pulser gimana bang, ane uda bocor padahal ada karet dan ditambah pake seal tape ttp keluar oli. solusi bang tq

    ReplyDelete
  2. Maksudnya apanya yang bocor? dari kabelnya ya bang? wah kalo yg ane punya bocor dari karet sekeliling yg ketemu logam babbetnya. Lem Thr**bond bisa dicoba mungkin

    ReplyDelete
  3. Kalo di Pulser sama Kabel spull itu kalo motor GL100/CB100/Series itu di lem besi aja(Hitam Putih) di jamin gak bocor

    ReplyDelete
  4. Kalo di Pulser sama Kabel spull itu kalo motor GL100/CB100/Series itu di lem besi aja(Hitam Putih) di jamin gak bocor

    ReplyDelete